fashion

✓ Jenis - Jenis Kain Tile dan Harganya: Cek Panduan Memilihnya Ya!

SENTUL SITE
Beranda
fashion
✓ Jenis - Jenis Kain Tile dan Harganya: Cek Panduan Memilihnya Ya!
Jenis Kain Tile dan Harganya

Jenis Jenis Kain Tile dan Harganya

Kain tile merupakan salah satu jenis kain yang kerap digunakan sebagai salah satu tambahan dan aksesoris bagi kain ataupun kebaya. Penggunaan kain tile tentunya sudah tidak asing lagi bagi kalian yang kerap menjadi bridesmaid ataupun kerap menjahit baju untuk berbagai keperluan.


Pengertian dan Mengenal Kain Tile

Nama kain tile memang sekilas memang akan hampir sama dengan kain tule. Untuk kain tule atau kain tile adalah sebuah kain yang kerap digunakan sebagai untuk pembungkus hadiah maupun bungkus bucket bunga. 

Kain tile adalah cenderung tipis dan memiliki tekstur yang bolong – bolong seperti jarring. Penggunaan kain tile kerap digunakan sebagai bahan pembuat baju, dress, kebaya, kostum balet, dan berbagai fashion item yang bling-bling dan menarik.


Ciri - Ciri Kain Tile

Kain Tulle atau Kain Tille memiliki beberapa ciri-ciri yang mencolok yang membuatnya sangat mudah dibedakan dengan beberapa jenis kain lainnya. Dibawah ini adalah beberapa daftar ciri-ciri yang dimiliki oleh kain tile, diantara lain adalah:

1. Transparan

Kain tille cenderung  transparan dikarenakan jenis kainnya yang tipis sehingga cenderung tembus pandang. Karena tranparaansi inilah yang kerap kali menjadikan kain tille sebagai pelengkap pakaian, ataupun jika akan dibuat sebagai pakaian diperlukan furing didalamnya.

2. Ringan dan Tipis

Kain Tille cenderung memiliki tekstur kain yang tipis sehingga akan terasa ringan digunakan ketika sedang beraktivitas. Bagi kamu yang sedang mendesain baju, dengan menambahkan kain tile tidak akan menambah beban pakaian yang akan kamu gunakan.

3. Fleksibilitas

Ciri lain yang dimiliki oleh kain tile adalah jenis kainnya yang fleksibel dan mudah untukdibentuk. Kain tile sangat mudah dikreasikan  untuk dibuat menjadi pita maupun bunga yang akan menambahkan kesan feminis kamu.

4. Permukaannya Kasar

Meskipun cenderung tipis, kain tile memiliki tekstur kain yang kasar pada permukannya. Kain ini cenderung berpori dan memiliki permukaan yang seperti jaring sehingga membuat kain ini menjadi lebih berdimensi.


Jenis Kain Tile Berdasarkan pada Detail dan Unsur Hiasnya

Dibawah ini adalah jenis kain tile yang didasarkan pada detail, atau unsur hiasnya, diantara lain adalah:

1.Tille Polos


Kain tile polos kerap digunakan sebagai tambahan pada rok atau gaun Kain tile berjaring ini tanpa tambahan motif maka akan menambahkan kesan  manis dan anggun pada pakaian kamu.


2. Kain Tille Mutiara


Kain Tille mutiara merupakan sebuah jenis kain tille berjaring yang memiliki ornamen manik-manik seperti mutiara pada kainnya. Jenis kain ini sangat cocok dipadukan pada kebaya yang akan  menambah kesan mewah.


3. Kain Tille Gliter


Kain tille gliter adalah sebuah kain berjaring yang memiliki bling-bling seperti kesan gliter pada kainnya dan akan berkilau pada saat terkena cahaya.


4. Kain Tille Akar


Kain tile akar adalah sebuah kain berjaring yang memiliki ciri khas garis dan motif dan tidak beraturan yang akan membentuk seperti akar.


5. Kain Tile Bordir


Kain tile border adalah sebuah kain tile yang memiliki motif dan kerap dikombinasikan dengan bordir.


Tips Memilih Kain Tile untuk Fashion

Memilih kain Tile atau Tulle  dapat menjadi hal yang penting agar mendapatkan hasil yang memuaskan dalam proyek pakaian, maupun dekorasi. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Knittopreneurs memilih kain Tile atau Tulle yang tepat:

1. Pertimbangkan Tujuan Jenis Kain Tulle

Pertimbangkan jenis kain Tile atau Tulle yang sesuai dengan proyek pakaian yang kan kamu lakukan. Pastikan jenis kain tulle yang Knittopreneurs pilih sesuai dengan kebutuhan proyek kamu.

2. Warna dan Motif

Pilih warna dan motif yang sesuai dengan tema atau desain pakaian kamu. Pastikan warna Tile atau Tulle yang sesuai dengan warna keseluruhan proyek, atau dapat memilih Tile atau Tulle berwarna-warni jika diperlukan.

3. Keamanan dan Kualitas

Periksa keamanan kain Tulle atau Tile, terutama jika akan digunakan dalam pakaian, pastikan tidak ada robekan pada kain. Pastikan kualitasnya bagus dan tidak mengandung bahan berbahaya. Baca label dan petunjuk perawatan jika ada untuk menghindari kerusakan pada kain

4. Tekstur dan Transparansi

Sentuh dan periksa tekstur kain Tile atau Tulle. Sebagian besar kain Tile atau Tulle memiliki tekstur yang lembut, tetapi beberapa mungkin lebih kasar daripada yang lain.

5. Lebar dan Panjang Kain

Pastikan kamu memilih lebar dan panjang kain yang cukup untuk proyek Knittopreneurs. Periksa spesifikasi produk atau tanyakan kepada penjual jika perlu.


Harga Kain Tile di Pasaran

Harga Kain tile cenderung terjangkau dan tidak mahal. Kamu dapat melakukan pembelian permeter yang berkisar antara Rp 7.000 hingga 15.000, tergantung dari jenis kain tile mana yang kamu pilih.


Akhir Kata

Demikian diatas adalah artikel mengenai jenis - jenis kain tile dan harganya yang tersedia. Semoga apa yang saya tuliskan mengenai bahan kain fashion ini dapat menjadi referensi bagi kalian dan bisa menjadi pertimbangan kalian dalam membeli celana. Saya juga mohon maaf apabila ada yang kurang kalian pahami. Thank you and see you on next article. Sayonaraaa

Penulis blog