fashion

✓ Jenis - Jenis Kain Satin dan Harganya: Cek Sebelum Membelinya!

SENTUL SITE
Beranda
fashion
✓ Jenis - Jenis Kain Satin dan Harganya: Cek Sebelum Membelinya!
Jenis Kain Satin dan Harganya

Jenis Kain Satin dan Harganya

Kain Satin adalah salah satu jenis kain yang saat ini tengah populer dan diperbincangkan oleh banyak orang. Kain Satin saat ini sangat populer sebagai bahan untuk pembuatan baju gamis dan dress oleh para kaum hawa. Tidak hanya itu, seiring dengan berkembang tren bridesmaid, membuat kain satin menjadi salah satu pilihan bahan yang akan dibagikan.

Kain Satin sendiri merupakan salah satu jenis kain yang memiliki permukaan kain yang mengkilap dan halus. Hal ini pula yang membuat banyaknya item fashion yang terbuat dari kain Satin karena bahannya yang nyaman untuk digunakan.


Jenis - Jenis Kain Satin

Kain Satin merupakan salah satu jenis kain yang memiliki permukaan kain yang mengkilap namun tetap terasa halus dan lembut pada saat digunakan. Salah satu alasan banyaknya penggunaan kain Satin adalah bahannya yang tidak mudah kusut. 

Meskipun dikenal akan kualitas bahannya yang baik, perawatan yang tepat akan membuat baju Satinmu akan menjadi lebih awet. Selain itu, untuk jenis-jenis kain Satin ternyata tidak hanya satu jenis saja loh, dibawah adalah beberapa jenis-jenis kain Satin yang ada di pasaran, diantara lain adalah:


1. Kain Satin Biasa


Kain Satin biasa adalah jenis kain Satin yang paling umum dan banyak dijumpai di pasaran. Kain Satin biasa terbuat dari bahan kain polyester atau serat alami sutra. 

Memiliki tampilan kain dengan kilauan yang mewah, jenis kain Satin biasa kerap digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian maupun rok. Dengan tampilan kemilaunya akan menambahkan kesan mewah bagi para pemakainya. Selain itu, tidak hanya digunakan sebagai proyeksi busana, jenis kain satin biasa ini kerap dijadikan sebagai salah satu homedecor. 


2. Kain Satin Katun


Yang kedua adalah jenis kain satin katun, kain ini merupakan perpaduan dari jenis kain yang memiliki kilauan seperti kain pada umumnya, namun juga memiliki material bahan yang terbuat dari katun alami.

Tekstur dari jenis kain satin katun lembut ketika disentuh, dan akan terasa nyaman ketika digunakan sepanjang hari saat beraktivitas.  Salah satu keunggulan dari jenis kain Satin Katun adalah kilauan bahan kainnya yang menambahkan kesan mewah apabila diproyeksikan dalam bentuk pakaian dan menambahkan kesan elegan. Kain Satin Katun sangt cocok untuk digunakan sebagai bahan pembuatan baju, gamis, dress, rok, bahkan hingga blouse.


3. Kain Satin Sutra atau Kain Satin Silk


Jika mendengar mengenai kain sutra pasti yang terbayang adalah sebuah kelembutan dari kainnya. Kain Satun Sutra merupakan salah satu jenis dari ragam Kain Satin yang beredar dipasaran. Kain Satun Sutra memiliki kilauan bahan yang mencolok pada kainnya dan memiliki bahan yang amat halus dan lembut.

Memiliki kesan yang mewah, indah, halus, dan juga lembut kain satin sutra kerap digunakan sebagai bahan pembuatan baju pesta karena kesannya yang begitu glamour. Selain itu, kain Satin Sutra bisa digunakan sebagai bahan pembuatan syal yang akan membuatkan terlihat lebih eksklusif dibandingkan jenis kain katun lainnya.


4. Kain Satin Duchese


Salah satu jenis kain satin yang terkenal adalah jenis kain Satin Duchese. Kain ini memiliki kilauan kain yang paling intens dan juga tahan lama. Karena jenis kainnya yang begitu mewah dan diambil dari julukan bangsawan, Kain Satin Duchese kerap kali digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian atau gaun pernikahan. Selain itu, karena kemewahan dan bahannya yang awet kain ini kerap digunakan digunakan sebagai bahan pembuatan houte contoure sehingga bahan kain ini memiliki harga yang lebih tinggi dibanding jenis bahan kain satin lainnya.

Kain Satin Duchese tidak hanya hadir kilauan yang mewah dan awet, tapi juga memiliki bahan serat kain yang membuat begitu awet. Jika kamu berencana menikah dan ingin merancang gaun pernikahanmu sendiri, kamu bisa memilih bahan kain Satun Duchese sebagai pilihan.  Kain dengan siluetnya yang mewah ini akan menambah kesan spesial bagi kamu diacara hari spesial karena akan membuatmu menjadi tampak lebih bersinar.


5. Kain Satin Velvet


Salah satu jenis kain satin paling terkenal dan kerap menjadi pilihan untuk bahan gaun dan baju bridesmaid adalah jenis Kain Satin Velvet. Kain Satin Velvet terbuat dari serat alami sutra atau polyester yang membuat menjadi sangat halus dan memiliki kilauan kain yang indah.

Kain Satin Velvet merupakan salah satu jenis kain yang paling laku di pasaran karena selain harganta yang terjangkau, juga sangat nyaman untuk digunakan. Bahannya yang flowy ini sangat cocok untuk digunakan sebagai gaun ataupun dress.


6. Kain Satin Kahatex


Kain Satin Kahatex merupakan salah satu jenis kain satin yang umum digunakan pada perlengkapan keseharian lain. Kain Satin Kahatex kerap digunakan sebagai bahan gorden atau perlengkapan dekorasi lainnya.

Kain Satin Kahatex memiliki jenis karakter kain yang cenderung lebih tebal dan lebih keras dari ragam satin sebelumnya. Kain Satin Kahatex cenderung memiliki bahan yang kaku dan cukup mudah dibentuk. Satin kahatex memiliki kain agak panas apabila digunakan sebagai perlengkapan fashion sehingga kain cenderung sebagai salah satu bahan homedecor.


Harga Kain Satin di Pasaran

Dengan banyaknya ragam jenis kain yang ada dipasaran, tentunya untuk harga kain satin sendiri memiliki harga yang berbeda-beda tergantung jenis kain satin apa yang kamu pilih. Dalam dunia fashion, sebagian dari jenis kain satin memiliki harga yang terjangkau dipasaran.

Misal saja, untuk harga kain Satin Velvet yang beredar di pasaran untuk permeternya berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 35.000. Untuk Kain Satin Kahatex sendiri memiliki harga yang lebih murah dibandingkan jenis Kain Satin Velvet, kain ini memiliki harga berkisar Rp 10.000 – Rp 15.000.

Untuk salah satu jenis kain Satin yang memiliki harga yang mahal adalah Kain Datin Duchese, kain ini memiliki harga dimulai dari ratusan ribu bahkan hingga jutaan rupiah permeternya. Hal ini disebabkan karena Kain Satin Duchese merupakan kain satin dengan kualitas yang premium.


Akhir Kata

Demikian diatas adalah artikel mengenai jenis - jenis kain satin dan harganya yang tersedia di pasaran. Semoga apa yang saya tuliskan mengenai bahan kain fashion ini dapat menjadi referensi bagi kalian dan bisa menjadi pertimbangan kalian dalam membeli celana. Saya juga mohon maaf apabila ada yang kurang kalian pahami. Thank you and see you on next article. Sayonaraaa

Penulis blog